• SMP ASTRA MAKMUR JAYA
  • " Sekolahnya Sang Juara "

(IPTR) KARYA TULIS ILMIAH BIDANG ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN LINGKUNGAN 2022

KARYA TULIS ILMIAH

BIDANG ILMU PENGETAHUAN TEKNIK DAN REKAYASA

 

(KOPIPEPA) : KOTAK PINTAR PENERIMA PAKET DI MASA PANDEMI MENGGUNAKAN SENSOR JARAK

OLEH:

A.ALIZIAH LATIFAH ASSYAHNA    NISN 0089033824

SRI AENI                                       NISN 0096733727

KIM MAWANI IOTA OBAYA           NISN 0083435189

 

ABSTRAK

A.Aliziah Latifah Assyahna, Sri Aeni, dan Kim Mawani Iota Obaya. 2022. KOPIPEPA : Kotak Pintar Penerima Paket di Masa Pandemi Menggunakan Sensor Jarak

Penelitian ini dilakukan untuk mempermudah penerima paket di masa pandemi seperti ini untuk mengurangi kerumunan dan mobilitas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan cara pembuatan KOPIPEPA : Kotak Pintar Penerima Paket di masa pandemi dengan menggunakan sensor jarak. Penelitian ini di awali dengan observasi, studi literatur, identifikasi alat dan bahan, perancangan alat, pengkodean alat, dan pengaplikasian alat. Penelitian ini di lakukan di SMP Astra Makmur Jaya Sulawesi Barat. Waktu penelitian di laksanakan April-Juli 2022. Hasilnya alat KOPIPEPA dapat dibuat menggunakan sensor jarak dan ESP32. Setiap paket yang masuk ke dalam kotak akan terdeteksi oleh sensor jarak E18 D80Nk dan buzzer akan berbunyi serta pesan notifikasi paket ke telegram akan masuk.

Kata kunci: pandemi,sensor jarak, paket, ESP32

 

ABSTRACT

  1. Aliziah Latifah Assyahna, Sri Aeni, and Kim Mawani Iota Obaya. 2022. KOPIPEPA: Smart Box Receives Packages During Pandemic Using Proximity Sensors

This research was conducted to make it easier for package recipients during a pandemic like this to reduce crowding and mobility. The purpose of this study is to explain how to make KOPIPEPA: Package Receiver Smart Box during a pandemic by using a proximity sensor. This research begins with observation, study, literature study, identification of tools and materials, design of tools, coding of tools, and application of tools. This research was conducted at Astra Makmur Jaya Junior High School, West Sulawesi. The time of the research will be from April to July 2022. As a result, the KOPIPEPA tool can be made using a proximity sensor and ESP32. Every packet that enters the box will be detected by the e18 d80nk proximity sensor and a buzzer will sound and a packet notification message will be sent to telegram.

Keywords: pandemic, proximity sensor, package, ESP3

 

A. Latar Belakang Masalah

Covid-19 pertama kali masuk di Indonesia pada tahun 2019. Covid-19 adalah virus yang berasal dari China. Covid-19 adalah epidemi penyakit yang menyebar di wilayah, yang luas, misalnya beberapa benua, atau di seluruh dunia. Karena demikian banyak masyarakat Indonesia yang terinfeksi virus tersebut karena hal tersebut kita diwajibkan untuk tetap berada di rumah dan juga menjaga jarak dengan orang lain. Tercatat sudah ada 6.460.256 yang terinfeksi Covid-19, sampai saat ini di tahun 2022 Covid-19 masih menginfeksi banyak orang termasuk di Indonesia. Sehingga pemerintah tetap mensosialisasikan untuk menerapkan 5M yaitu mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

Akibat pandemi Covid-19 yang diiringi perkembangan digitalisasi di berbagai sektor saat ini juga telah cenderung berimbas perubahan pada aktivitas bekerja, belajar, dan bermain (eSport). Pandemi membuat hampir semua pemenuhan kebutuhan pokok dan berbagai kegiatan lainnya dialihkan melalui layanan digital. Masyarakat pun kini dinilai semakin bergantung dengan produk dan layanan yang dihadirkan melalui platform digital, termasuk perilaku konsumen yang semakin mendorong ke berbelanja secara online. Perbelanjan telah dimulai sejak dahulu, pada rumawi kuno, terdapat trans’ market yang berperan sebagai penjual. Belanja dapat diartikan mengeluarkan uang untuk suatu barang. Di masa pandemi ini pengguna layanan internet banyak memanfaatkan aplikasi perbelanjaan online untuk mengurangi mobilitas dan menjauhi kerumunan. Karena demikian banyak orang yang memesan paket atau membeli barang melalui online dengan menggunakan aplikasi seperti shopee, lazada, tokopedia, dan lain-lain. Karena di masa covid-19 ini kita membatasi aktivitas bersama orang lain. Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) mencatat belanja online meningkat 37% selama pandemi Covid-19 per Desember 2021.

Hal tersebut melatarbelakangi peneliti untuk membuat suatu alat yang dapat menerima paket. Penelitian tersebut berjudul (KOPIPEPA) : Kotak Pintar Penerima Paket di Masa Pandemi Menggunakan Sensor Jarak. Dengan adanya KOPIPEPA dapat memudahkan pembeli untuk mengetahui bahwa ada paket yang datang dengan masuknya pesan telegram, ketika kita tidak berada di rumah. KOPIPEPA juga akan menghasilkan suara alarm beep saat ada paket yang masuk ke dalam box

B. Rumusan Masalah

Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana cara membuat KOPIPEPA : Kotak Pintar Penerima Paket di masa pandemi menggunakan sensor jarak?”

C. Tujuan Penelitian

Adapun tujuan pada penelitian ini adalah menjelaskan cara membuat KOPIPEPA : Kotak Pintar Penerima Paket di masa pandemi menggunakan sensor jarak.

D. METODE PENELITIAN

  • Rancangan Penelitian

Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen atau percobaan dan deskriptif kualitatif.

  • Tempat dan Waktu Penelitian

Penelitian dilakukan di SMP Astra Makmur Jaya, PT Letawa, Desa Makmur Jaya, Kecamatan Tikke Raya, Kabupaten Pasangkayu, Provinsi Sulawesi Barat. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan April-Juli 2022.

  • Alat dan Bahan
  1. Box
  2. Adaptor charger
  3. ESP32 controller
  4. Kabel micro USB
  5. Buzzer 5 volt
  6. Proximity infrared sensor E18 D80NK
  7. Bot Telegram
  8. Aplikasi telegram
  9. Aplikasi arduino IDE
  • Prosedur Penelitian
  1. Persiapan alat dan bahan adalah menyiapkan semua alat dan bahan termasuk aplikasi telegram dan arduino IDE.
  2. Perancangan alat adalah merancang semua alat menjadi satu kesatuan. Alat berupa ESP32, buzzer, sensor jarak, USB dan adaptor.
  3. Pengkodean alat adalah memasukan kode alat dengan aplikasi Arduino IDE dengan kode telegram yang sudah tertera pada BOT Telegram
  4. Pengaplikasian alat adalah menggunakan alat yang sudah jadi untuk menerima paket.
  • Prosedur Perancangan Alat
  1. Tegangan kerja menggunakan micro USB yang dipasang pada ESP32.
  2. Micro USB ke adaptor charger.
  3. Buzzer dipasang dengan kabel yang berwarna hitam ke pin GND atau ground (lubang keempat dari atas)
  4. Kabel buzzer warna merah masuk ke pin 25.
  5. Kabel sensor infrared terdapat 3 buah : merah 5 volt, cokelat adalah GND atau ground, kabel orange ke pin 26.

 

  • Prosedur Pengkodean Alat
  1. Melakukan Download dan Install Software Arduino IDE pada laptop.
  2. Open Arduino IDE >> Open program yang sudah dibuat.
  3. Akan muncul program pada layar.
  4. Tools >> Port
  5. Jika belum ada port terhubung maka harus menginstall CH340.
  6. Pasang USB alat ke laptop.
  7. Klik tools dan pilih port “ESP32”.
  8. Klik upload program.
  • Cara Kerja Alat

Alat KOPIPEPA bekerja dengan sensor jarak untuk mendeteksi paket yang datang.

  1. Alat yang sudah terhubung dengan internet akan mengeluarkan suara
  2. Kurir yang membawa paket memasukan paket ke dalam kotak.
  3. Kotak yang dilengkapi sensor jarak akan mendeteksi adanya paket.
  4. Buzzer akan berbunyi sebagai alarm ada paket. Sehingga penerima paket mendengar jika ada paket yang datang tanpa harus kontak langsung dengan kurir.
  5. Saat itu juga akan ada pesan notifikasi telegram yang masuk penanda ada paket yang masuk kedalam box. Hal tersebut sangat berguna bagi penerima saat penerima sedang tidak di rumah.

E. Hasil Penelitian

Hasil dari penelitian ini adalah alat KOPIPEPA dapat dibuat menggunakan sensor jarak. Sensor jarak yang digunanakan adalah E18-D80NK dirancang dengan ESP32 controller dan pemrograman Arduino dan menghasilkan alarm melalui buzzer kemudian terhubung ke notifikasi telegram penerima paket.

 

Penulis : TIM OPSI IPTR AMJ

Editor : Dwi Dara Septi Putriani

 

 

 

 

 

 

 

 

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
E-Perpusda Sulawesi Barat

 Media sosial sangat mengasikkan. Ia bisa kita jadikan sebagai hiburan tanpa rasa bosan. Namun, akan lebih baik jika kita memanfaatkan untuk hal yang menambah wawasan, seperti memb

21/07/2025 14:00 - Oleh Gede Ardiantara, S.Pd.Gr. - Dilihat 244 kali
Kuda Tenang

Dalam lukisan ini saya menyajikan kepala kuda. Mengapa saya lebih memilih kuda daripada hewan lain yang ada di sekitar saya? Karena menurut saya kuda memiliki keunikan, yaitu struktur a

30/08/2024 17:21 - Oleh Gede Ardiantara, S.Pd.Gr. - Dilihat 3692 kali
(IPA) BIDANG ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN LINGKUNGAN 2021

Pemanfaatan Jamur Limbah Tangkos Sawit (Volvariella volvacea) Sebagai Kaldu Bubuk     OLEH: GRACHIA SILVIA MA'DIKA         &nb

21/09/2023 13:04 - Oleh Dwi Dara Septi Putriani, S.Pd. - Dilihat 975 kali
(IPA) KARYA TULIS ILMIAH BIDANG ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN LINGKUNGAN 2018

PEMANFAATAN KULIT BUAH NAGA (Hylocereus polyrhizus)SEBAGAI BAHAN UTAMA SELAIAgnes Monica, Dewi Utari, Naimatun NadifaABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui cara pembuatan s

21/09/2023 11:14 - Oleh Dwi Dara Septi Putriani, S.Pd. - Dilihat 3830 kali
(IPS) KARYA TULIS ILMIAH BIDANG ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KEMANUSIAAN, DAN SENI

GREEN AGENT SEKOLAH SEBAGAI ORGANISASI PENGHIJAUAN   OLEH: Jansen Hendrikven Wulo, Desi Lempan Saratu, Nesha Mutmainnah     GREEN AGENT SEKOLAH SEBAGAI ORGANISASI P

21/09/2023 09:29 - Oleh Dwi Dara Septi Putriani, S.Pd. - Dilihat 5868 kali
Hiasan Dinding Cangkang Telur

Saya membuat karya kerajinan tangan kreatif dari limbah hewan berupa hiasan dinding yang berbahan utama cangkang telur ayam dan kardus bekas. Daripada limbah cangkang telur ayam dibuang

11/09/2023 09:36 - Oleh Gede Ardiantara, S.Pd.Gr. - Dilihat 8770 kali