• SMP ASTRA MAKMUR JAYA
  • " Sekolahnya Sang Juara "

TPACK dalam pembelajaran abad 21

Penulis : Kurnia Lukman Hidayat, S.Pd.

Apa itu pembelajaran abad 21? Saat ini kita hidup di tahun 2021 atau bertepatan dengan abad 21. Nama pembelajaran abad 21 di ambil dari abad sekarang ini. Tentu saja kondisi sekarang sudah jauh berbeda dengan kondisi 50 tahun yang lalu, sehingga pembelajaranpun dituntut untuk menyesuaikan dengan perubahan zaman.
Pembelajaran Abad 21 (21st century learning) merupakan pembelajaran yang mengintegrasikan kemampuan literasi, kecakapan pengetahuan, keterampilan dan sikap, serta penguasaan terhadap teknologi. Pembelajaran ini fokus pada 2 hal yaitu mengutamakan skill dan berfikir kritis.
Mengarahkan peserta didik untuk mengasah skill dan berfikir kritis ada bermacam cara, namun cara yang paling umum dilakukan adalah membawa fikiran peserta didik ke fenomena yang mereka alami dalam kehidupan sehari-hari (konteks pribadi, sosial, dan kultural).
Ada sebuah ungkapan Ali bin Abi Thalib yang cukup fenomenal mengenai pendidikan anak yakni “Didiklah anak-anakmu sesuai dengan zamannya karena mereka hidup bukan di zamanmu.”
Apakah yang dimaksud dengan TPACK
TPACK (Technological Pedagocal Content Knowledge) merupakan pembelajaran yang menggunakan penerapan gabungan system pendidikan yang mengedepankan teknologi dan aplikasi (konten) tertentu dalam Pembelajaran.
TPACK adalah suatu kerangka berfikir dimana seorang guru harus menguasi 3 kemampuan, yaitu kemampuan teknologi, kemampuan pedagogic dan kemampuan konten (materi ajar).
Konsep pendekatan pembelajaran TPACK melibatkan 7 domain yaitu:
Pertama, Pengetahuan materi (content knowledge/CK) yaitu penguasaan bidang studi atau materi yang harus dimiliki oleh guru. Jika kita berbicara tentang Bahasa Inggris SMP maka guru harus menguasai materi seperti grammar, tenses, vocabulary, serta berbagai macam skill seperti speaking, writing, listening dan reading.
Kedua, Pengetahuan pedagogis (pedagogical knowledge/PK), yaitu kemampuan pemahaman terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya.
Ketiga, Pengetahuan teknologi (technological knowledge/TK) yaitu pengetahuan seorang guru untuk memanfaatkan teknologi digital. Guru juga dituntut untuk selalu update dengan perkembangan teknologi yang bermanfaat untuk pendidikan, misal aplikasi web meeting dan video editor.
Keempat, Pengetahuan pedagogi dan materi (pedagogical content knowledge/PCK) merupakan suatu cara untuk memahami hubungan yang kompleks antara mengajar dan konten yang diajarkan melalui penggunaan pendekatan mengajar yang spesifik dan hal tersebut dikembangkan melalui proses yang berlandaskan praktek di kelas.
Kelima, Pengetahuan teknologi dan materi (technological content knowledge/TCK) , yaitu pengetahuan guru tentang teknologi digital dan pengetahuan bidang studi.
Keenam, Pengetahuan tentang teknologi dan pedagogi (technological paedagogical knowledge/TPK), yaitu pengetahuan tentang teknologi digital dan pengetahuan mengenai proses dan strategi pembelajaran.
Ketujuh, Pengetahuan tentang teknologi, pedagogi, dan materi (technological, pedagogical, content knowledge/TPCK) yaitu pengetahuan tentang teknologi digital, pengetahuan tentang proses dan strategi pembelajaran, pengetahuan tentang materi pembelajaran. Red/Kurnia Lukman Hidayat,S.Pd.

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Gelak Tawa HUT Kemerdekaan RI di SMP Astra Makmur Jaya

  SMP Astra Makmur Jaya, mengadakan Lomba di HUT Kemerdekaan RI ke-78, Sabtu (19/8/2023). Momentum kemeriahan HUT Kemerdekaan RI yang ke-78, disambut antusias oleh siswa-siswi SMP

25/09/2023 08:07 - Oleh Dwi Dara Septi Putriani, S.Pd. - Dilihat 800 kali
OUTDOOR SNAKES AND LADDERS “CHEMISTRY” SMP ASTRA MAKMUR JAYA

PANDUAN PERMAINAN OUTDOOR SNAKES AND LADDERS “CHEMISTRY”   1. Guru membagi peserta didik menjadi 4 kelompok atau lebih. 2.Setiap kelompok mengutus satu perwakilan

21/09/2023 11:52 - Oleh Dwi Dara Septi Putriani, S.Pd. - Dilihat 664 kali
Jembatan Kardus

Jembatan Kardus dapat dijadikan sebagai salah satu (1) rekomendasi permainan seru, kreatif, dan edukatif untuk acara/kegiatan outdoor keluarga besar, kelas, sekolah, organisasi, kantor,

14/09/2023 15:35 - Oleh Gede Ardiantara, S.Pd.Gr. - Dilihat 4079 kali
Terima Kasih, Nak!

Sudah menjadi sebuah tradisi bagi seluruh rakyat Indonesia merayakan hari kemerdekaan 17 Agustus. Momen ini sangat dinantikan oleh segenap masyarakat Indonesia dengan penuh rasa suka ci

31/08/2023 13:06 - Oleh Gede Ardiantara, S.Pd.Gr. - Dilihat 764 kali
MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SENI TARI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING DENGAN METODE JIGSAW PADA SISWA KELAS VIII SMP ASTRA MAKMUR JAYA

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil dan Dampak) Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Peserta Didik Dalam

03/07/2023 09:34 - Oleh Andi Nirmala Baso, S.Pd. - Dilihat 999 kali
Jangan Buang Sampah Sembarangan

Jangan Buang Sampah Sembarangan buah karya Chelsea Suli   Tumpukan sampah ada dimana-mana Ia sudah menjadi salah satu sumber masalah Karena ulah manusia yang tidak peduli de

09/09/2022 13:14 - Oleh Gede Ardiantara, S.Pd.Gr. - Dilihat 8804 kali